Talkshow: Peluang Dan Tantangan Mengembangkan Bisnis di Tahun 2018

Apa saja peluang dan tantangan dalam menjalankan bisnis di tahun 2018? Untuk menjawab pertanyaan ini, pada 10 Januari 2018, JCI Chapter Cianjur bekerjasama dengan IWAPI Cianjur menyelenggarakan talkshow dengan judul Peluang dan Tantangan Mengembangkan Bisnis di Tahun 2018 yang diadakan di gedung DPRD Kabupaten Cianjur.

Sesi Talkshow

Dalam talkshow ini, hadir beberapa tokoh sebagai narasumber. Zulfikar Priyatna, National President JCI Indonesia lalu H. Himam Haris, kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur. Dari legislatif di wakili oleh Tika Latifah S. Sos, wakil ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur. Sementara, dari pengusaha Jawa Barat diwakili oleh Asep Stroberi, pengusaha lokal Dewi Ramadhan dan Lina Sumarlina Rangkuti ketua IWAPI Cianjur. Talkshow ini dipandu oleh Mario Devys (saya sendiri) mewakili JCI Chapter Cianjur dan Biro Kewirausahaan dan Ekonomi Umat ICMI Cianjur.

Poster Talkshow JCI Chapter Cianjur

Dalam talkshow, setiap narasumber mengeluarkan statement dan landasan pijak terkait peluang dan tantangan bisnis di tahun 2018. Lalu moderator akan mengambil kesimpulan dan kemudian membandingkan dengan statement dari narasumber lain. Bahkan ada beberapa statement yang perlu di klarifikasi langsung kepada narasumber lainnya.

Di penghujung acara didapat beberapa kesimpulan yang perlu disikapi bersama. Pertama, pengusaha perlu beradaptasi dengan era digital hari ini dengan upaya edukasi terkait dunia digital. Lalu kedua, pemerintah perlu membuat roadmap pengembangan ekonomi di kabupaten Cianjur. Ketiga, legislatif (DPRD) perlu membuat turunan Undang Undang terkait UMKM dalam bentuk Perda UMKM untuk menjamin perlindungan hukum bagi pelaku UMKM. Ke-empat, sinergitas antar organisasi masyarakat terkait pengembangang ekonomi perlu terus ditumbuh hidupkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *