Belajar Mendulang Rupiah Dari Sampah

Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa selama ini Alfamart telah sering turun ke masyarakat untuk melakukan pemberdayaan dalam bidang ekonomi.
Pemberdayaan yang dilakukan oleh Alfamart adalah salah satu program Coorporate Sosial Responsibility (CSR). Program pemberdayaan ini telah dilakukan Alfamart hampir diseluruh kota/kabupaten di Jawa Barat.

Peserta Pelatihan Daur Ulang Sampah

CSR yang disalurkan Alfamart biasanya berhubungan langsung dengan peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat. Yang menjadi target peserta biasanya adalah ibu-ibu. Dengan memberikan pelatihan bagi ibu-ibu diharapkan bisa menjadi inspirasi usaha sehingga mampu menambah ekonomi bagi keluarga.

Tepat pada 18 November 2017 yang masih berkaitan dengan hari Pahlawan saya diundang oleh Alfamart , untuk menyaksikan mereka turun langsung ke masyarakat melakukan pemberdayaan. Di Cianjur sendiri, program pelatihan ini adalah yang kedua. Untuk kali ini, Alfamart bekerjasama dengan Radar Cianjur, mengadakan pelatihan daur ulang sampah yang melibatkan ibu-ibu rumah tangga di Cianjur. Bagaimana ibu-ibu rumahtangga belajar mendulang rupiah dari sampah.

Ibu-ibu sedang membuat keranjang dari limbah gelas plastik

Pelatihan daur ulang sampah ini diadakan di aula Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, Jln. Pangeran Hidayatullah, Cianjur.

Yang berkesan dalam sesi pelatihan adalah, Alfamart menghadirkan narasumber yang bukan hanya bicara, tapi juga pelaku yang melakukan langsung pengolahan sampah menjadi kerajinan dan menikmati manfaat ekonomi dari kegiatan tersebut. Sehingga, tidak hanya memberikan materi tapi juga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi peserta pelatihan.

Menurut Leny Mulyani yang menjadi narasumber dari Rumah Kreatif Naria. Pelatihan ini sebetulnya sangat sederhana, dengan bahan baku yang melimpah dan gratis, pengolahan sampah bisa dilakukan siapapun asal ada kemauan. Sehingga nantinya setelah selesai, para peserta pelatihan bisa langsung praktek dirumah masing-masing.

Leny Mulyani Dari Rumah Kreatif Naria

Sementara itu Ellisa Refila dari Coorporate Communication Brand Alfamart, yang turun langsung mendampingi acara. Menyampaikan, bahwa kedepannya pelatihan ini akan dibuatkan program pendampingan. Selain dilatih membuat produk, para peserta juga diberikan pemahaman bisnis tentang ilmu menjual produknya. Lalu para peserta juga akan didampingi dengan program pendampingan oleh mitra kerja yang ditunjuk Alfamart. Sehingga outputnya, diharapkan produk-produk terbaik buatan peserta pelatihan akan laku dijual digerai Alfamart dan bisa memberi penghasilan tambahan bagi keluarga mereka.

Tentunya sebagai masyarakat kita bisa berharap, dimasa depan Coorporate Social Responsibility (CSR) Alfamart bisa menjangkau lapis masyarakat yang lebih banyak. Agar sampah bisa bermanfaat dan masyarakat bisa berdaya,  juga mampu meningkatkan tambahan ekonomi mereka. Sehingga masyarakat bisa sejahtera dan memiliki daya beli yang semakin baik.

2 Replies to “Belajar Mendulang Rupiah Dari Sampah”

  1. Semakin sering mengadakan pelatihan semakin banyak teknik dan praktek yang bisa dikuasai ya. Soalnya ternyata sekali pertemuan untuk satu kerajinan saja waktunya terasa masih kurang. Hehehe… Jadinya lembur di rumah deh untuk bisa menyelesaikannya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *