Catatan Musyawarah Wilayah Relawan TIK Jawa Barat 2017

Karena terpilihnya ketua Relawan TIK Jawa Barat, om Fajar Eri Dianto sebagai ketua Relawan TIK Indonesia. Membuat posisi ketua Relawan TIK Jawa Barat mengalami kekosongan.

Agar tampuk kendali Relawan TIK Jawa Barat tidak mengalami kekosongan, maka diadakanlah Musyawarah Wilayah Relawan TIK Jawa Barat untuk memilih ketua wilayah Jawa Barat dan membahas program-program kerja. Terselenggaranya musyawarah  wilayah kali ini didukung penuh oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung. Acara diselenggarakan di gedung serbaguna kota Bandung yang bertempat di Balaikota Bandung Jalan Wastukencana.

Foto Bersama Muswil Relawan TIK Jawa Barat

Sambutan diberikan oleh kepala Dinas Komunikasi dan Informasi kota Bandung, ibu Ahyani Raksanagara. Dalam sambutannya, ibu Ahyani menyampaikan ucapan terimakasih kepada Relawan TIK Jawa Barat khususnya kepada Relawan TIK kota Bandung yang telah melakukan kerja-kerja sinergis dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung dalam melakukan edukasi tentang TIK kepada masyarakat. Harapan ibu Ahyani adalah, agar Relawan TIK bisa terus menjaga sinergitas ini demi menciptakan Jabar Kahiji.

Kadiskominfo Kota Bandung Memberikan Sambutan

Lalu, sambutan juga diberikan oleh ketua Relawan TIK Indonesia, om Fajar Eri Dianto. Dalam sambutannya ketua menyampaikan tentang sejarah berdirinya Relawan TIK Jawa Barat dan menitipkan pesan kepada siapapun yang terpilih menjadi ketua, adalah pilihan terbaik bagi Relawan TIK Jawa Barat. Tentunya amanat untuk menjalankan Relawan TIK Jawa Barat dan menjaga kepercayaan dan amanah dari seluruh pihak.

Ketua Relawan TIK Indonesia Memberikan Sambutan

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan studi banding ke Command Centre Bandung yanag tak jauh dari lokasi Muswil. Di Command Centre diperlihatkan bagaimana kemajuan kota Bandung dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Studi Banding ke Command Centre Bandung

Setelah studi banding, Ketua bidang SDM dan Pengkaderan Relawan TIK Indonesia, om Rinda Cahyana memberikan paparan tentang sistem kerja, pengkaderan dan perekrutan SDM Relawan TIK. Paparan ini tentunya dengan tujuan agar bisa meningkatkan kapasitas SDM Relawan TIK  Jawa Barat baik secara kuantitas maupun kualitas.

Paparan SDM Organisasi Oleh Ketua Bidang SDM Relawan TIK Indonesia

Lalu paparan kedua disampaikan oleh Ketua bidang Organisasi Relawan TIK Indonesia, kang Muh. Fajar Muharom menyampaikan tentang prosedur dan legalitas organisasi. Terkait tentang sistem pengurusan SK, penomoran anggota dan legal darft lain yang dibutuhkan organisasi agar bisa mendapatkan ketetapan hukum yang mengikat.

Setelah paparan dilanjutkan dengan diskusi Relawan TIK lintas daerah tentang harapan-harapan terhadap Relawan TIK Jawa Barat serta mengukur sejauhmana kapasitas setiap Relawan TIK Daerah dengan metode SWOT. Dalam diskusi didapat kesimpulan tentang harapan seluruh Relawan TIK daerah dan sejauhmana kapasitas dan kualitas Relawan TIK di Jawa Barat. Kesimpulan ini yang kemudian menjadi rencana agenda program kerja bagi ketua Relawan TIK Jawa Barat terpilih.

Diskusi Relawan TIK Jawa Barat

Pada akhir acara dilanjutkan dengan pemilihan ketua Relawan TIK Jawa Barat. Metode pemilihan dilakukan dengan musyawarah mufakat dan dilanjutkan dengan voting. Tahap awal, setiap perwakilan Relawan TIK kabupaten kota yang memiliki hak suara 2 orang menuliskan calon ketua usulan mereka kepada forum. Dari usulan kabupaten kota didapat 5 nama calon ketua Relawan TIK Jawa Barat yaitu, Muh. Fajar Muharom dari Relawan TIK Kabupaten Bandung Barat, lalu Moch. Latif Faidah dari Relawan TIK Kota Bandung, lalu Gery Sugiran dari Relawan TIK Sukabumi, Kang Maman dari Relawan TIK Kabupaten Ciamis dan Mario Devys dari Relawan TIK Kabupaten Cianjur.

Setelah calon ketua didapat, lalu anggota bermusyawarah tentang siapa yang berhak menjadi ketua. Dalam musyawarah tidak didapat kata mufakat siapa yang berhak menjadi ketua Relawan TIK Jawa Barat. Sehingga didapat kesimpulan bahwa pemilihan ketua harus dilanjutkan dengan vooting. Vooting disepakati bahwa calon ketua yang akan mengikuti vooting adalah 3 calon ketua yang disepakati forum. Yaitu Muh fajar Muharom dari Relawan TIK Kabupaten Bandung Barat, lalu Moch. Latif Faidah dari Relawan TIK Kota Bandung dan Gery Sugiran dari Relawan TIK Sukabumi.

Akhirnya dari proses vooting mendapatkan keputusan hasil suara yaitu, Muh Fajar Muharom dari Relawan TIK Kabupaten Bandung Barat mendapatkan 16 Suara, lalu Moch. Latif Faidah dari Relawan TIK Kota Bandung 8 Suara dan Gery Sugiran dari Relawan TIK Sukabumi 4 Suara dari total 27 hak suara yang sah. Maka ketua terpilih yang berhak memimpin Relawan TIK Jawa Barat periode 2017-2022 berdasar hasil vooting adalah Muh. Fajar Muharom.

Ketua Terpilih Relawan TIK Jawa Barat

Lalu pada akhir acara diadakan serah terima secara simbolik dari pejabat sementara Relawan TIK Jabar Gery Sugiran kepada Ketua Relawan TIK Jawa Barat terpilih periode 2017-2022 Muh. Fajar Muharom.

Selamat kepada ketua Relawan TIK Jawa Barat periode 2017-2022 terpilih kang Muh. Fajar Muharom. Semoga bisa membawa perubahan yang semakin baik bagi Relawan TIK Jawa Barat. Aamiin.

 

8 Replies to “Catatan Musyawarah Wilayah Relawan TIK Jawa Barat 2017”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *