Seminar Peran Warganet Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bersama Diskominfo Kota Bandung dan Relawan TIK

Warganet hari ini disibukkan dengan banyaknya berita di internet yang memecah belah persatuan antar masyarakat. Sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan konflik yang bisa menyeret kearah yang negatif.

Mengingat hal tersebut maka Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung bekerjasama dengan Relawan TIK Kota Bandung menyelenggarakan seminar edukasi dengan tema Peran Warganet Dalam Pemanfaatan Teknologi dan Informasi. Acara diselenggarakan mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 12.00, pada hari Rabu 20 Juli 2017 di Prime Park Hotel Bandung.

BROSUR SEMINAR Relawan TIK BANDUNG

Acara seminar ini dibagi dalam dua sesi materi, materi pertama adalah tentang Etika Ber-Media Sosial yang disampaikan oleh Moch Latif Faidah, Ketua Relawan TIK Kota Bandung. Sedang materi kedua membahas tentang manfaat positif internet dengan topik Personal Branding Untuk Warganet yang dibawakan oleh saya sendiri.

Dalam materi pertama Ketua Relawan TIK Kota Bandung menyampaikan bahwa media sosial, jika pemakai tidak paham tentang etika dan aturan dalam bermedia sosial hal ini bisa menyebabkan konflik antar sesama bahkan bisa berujung pada kasus hukum. Bahkan beberapa etika yang disampaikan banyak yang belum diketahui oleh para peserta. Terutama   tentang batasan umur bagi pemakai media sosial, juga tentang rating game yang ada batasan umur yang kadang tidak cocok bagi anak-anak.

Dalam materi kedua, saya menyampaikan terkait memaksimalkan fungsi internet untuk karir, usaha dan profesi dengan cara personal branding. Dengan adanya internet, proses personal branding akan lebih mudah dilakukan. Tentunya dengan membangun personal branding, akan bisa membuat seseorang akan mudah mendapatkan karir dan profes yang diinginkan bahkan bisa menolong dalam bisnis.

Pada sesi akhir, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipadu oleh moderator Gery Sugiran dari Relawan TIK Jawa Barat. Dalam sesi diskusi, para peserta sangat antusias bertanya tentang materi. Bahkan pada akhir acara, banyak peserta yang tidak mendapat kesempatan bertanya. Karena materi ini termasuk materi baru bagi peserta, tentunya perlu tambahan waktu agar bisa memberi pemahaman bagi peserta. Semoga edukasi seperti ini tetap berlanjut dimasa depan.

Akhirnya saya ucapkan terimakasih kepada Diskominfo kota Bandung yang telah mendukung penuh terselenggaranya acara ini.

Bagi yang ingin mengunduh materi silakan klik disini -> Materi Presentasi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *