Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Indonesia dan Deklarasi Pemuda Penggiat Wirausaha dan Koperasi

Pada hari Rabu, 19 Juli 2017 saya diundang oleh KNPI DPD Jawa Barat untuk mengisi materi kewirausahaan pada Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Indonesia dan Deklarasi Pemuda Penggiat Wirausaha dan Koperasi di Hotel Cipaku, Bandung.

Pada acara tersebut diadakan juga dialog bersama DR. Siti Aisyah (Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat), Agus Komarudin (Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Dispora Jawa Barat) dan Krisnadewanto Anton (Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung).

Dalam sesi diskusi terjawab pentingnya pengembangan kewirausahaan bagi pemuda. Karena pada 2020 diperkirakan akan menjadi lonjakan bonus demografi di Indonesia. Jika negara tidak mempersiapkan peluang bagi lonjakan demografi ini, maka bonus demografi akan menjadi bencana demografi
bagi Indonesia.

Lalu pada sesi berikutnya adalah sesi pemaparan materi Kewirausahaan oleh saya. Berbagi perspektif tentang pengembangan bisnis yang telah saya lakukan dihadapan anak-anak muda binaan KNPI tentu menjadi satu hal yang menarik. Karena bagi saya perspektif bisnis setiap pengusaha akan berbeda, sehingga perspektif bisnis saya juga tentunya akan bisa diterima atau tidak diterima oleh para pebisnis lainnya.

Berbagi perspektif tentang bisnis bukan berarti membenarkan dan mengaminkan teknik bisnis seseorang. Tapi bertujuan untuk memperkaya perspektif bisnis sehingga seorang wirausahawan bisa menghadapi kompetisi bisnis di masa depan.

Kegiatan ini merupakan program Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bekerja sama dengan DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia, didukung oleh DPD KNPI Jawa Barat.

2 Replies to “Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Indonesia dan Deklarasi Pemuda Penggiat Wirausaha dan Koperasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *