Industri Musik, Dulu, Sekarang dan Yang Akan Datang

Hari rabu, 14 Juni 2017. Kelas berbagi mengundang Helvi Sjarifudin untuk berbagi kepada kawan-kawan Cianjur.

Saya dan kang Helvi

Helvi adalah otak dari Indie label FFWD RECORDS. Sejak 1999 FFWD RECORDS menjadi salah satu komponen yang menghidupkan skema indiepop Bandung ke kancah musik nasional dan dunia dalam pasca demam Britpop di era 1996-2000.

FFWD RECORDS lah yang mengangkat PUPPEN, MOCCA, THE SIGIT dan beberapa Band Indie ke posisi yang lebih diperhitungkan di kancah musik nasional bahkan dunia. Sehingga ikut memberi referensi kalau indies tak terbatas pada ‘kebandelan-para-musisi” saja. Tapi juga menjadikan Bandung sebagai barometer industri musik indie Indonesia.

Tak ada petuah khusus tentang kenapa FFWD bisa bertahan dan sukses. Suka musik dan passion. Hanya itu yang diungkapkan Helvi Sjarifudi kepada kelas berbagi di Cianjur.

Perjalanan pun tak melulu mulus. Idealisme dan konsistensilah yang membuat Helvi Sjarifudin bertahan di dunia musik. Hingga kemudian menjadikan Helvi yang kita kenal hari ini menjadi legend industri indie label Indonesia.

Suasana Kelas Berbagi

“Bermusik itu harus idealis, karena idealisme dalam musiklah yang membuat band-band papan atas yang kita kenal hari ini mencapai tangga tertinggi dalam industri musik”

kata Helvi menutup kelas berbagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *